img_1536311446030.jpg

    : Admin    : 11 Des 2018   : 57

KKN Tanggap Bencana (KKN TB) Universitas Hamzanwadi

Fase Pemulihan warga terdampak gempa, Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Lombok Timur

Jum’at, 07 September 2018
Setiap hari selalu ada perubahan untuk berbenah, baik dari kondisi masyarakat dalam beraktifitas maupun pemulihan lainnya seperti aktifitas jual-beli, bercocok tanam, dan ada beberapa warga mulai menggali tanah untuk memulai mendirikan pemukiman mereka yang baru.
Nampaknya kesehatan jasmani dan rohani warga mulai pulih jika dipandang dari segi aktifitasnya. Artinya warga sudah mulai meninggalkan tenda pengungsian mereka yang berada di halaman sekolah dasar bilok petung, tepatnya di dusun kokok putek desa bilok petung. Meskipun sebagian kecil masih ada warga yang menempati tenda pengungsian tersebut. Jika malam sudah tiba, warga yang dimaksud tersebut mulai berdatangan ke tenda pengungsi untuk istirahat. Sebagian dari mereka terdiri dari ibu-ibu yang baru melahirkan serta warga yang dekat dari tempat pengungsian tersebut. 

Tim Relawan KKN Tanggap Bencana dari Universitas Hamzanwadi mengadakan kegiatan-kegiatan untuk saat ini masih sifatnya bergantung pada masalah yang lebih urgen, seperti halnya pengadaan tempat ibadah; pengadaan air bersih; dan hal lainnya yang menjadi kebutuhan warga untuk bertahan hidup. Memang sebagian besar warga di desa bilok petung ini sudah beraktifitas normal, akan tetapi masalah makan dan minum itu masih  menjadi salah satu pokok utama bagi saudara-saudara kita yang terdampak gempa beberapa minggu yang lalu.

Menjelang jum’at sore, aktifitas Tim KKN Tanggap Bencana mendistribusikan logistik yang datang dari Universitas Hamzanwadi. Logistik tersebut diserahkan ke titik-titik yang sudah ditentukan oleh Tim Relawan dari Posko utama desa Bilok Petung, kecamatan Sembalun Lombok Timur. Setelah itu, Tim KKN Tanggap Bencana kembali ke tempat masing-masing untuk tetap mengikuti kegiatan selanjutnya.

Di wilayah Desa Bilok Petung, khususnya Dusun Kokok Putek untuk ketersediaan air masih kurang. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang penting untuk bisa lebih diperhatikan oleh para Donatur yang berhati mulia , paling tidak warga yang terdampak bisa terjaga kesehatannya dengan adanya air bersih.

Salam,

KKN TANGGAP BENCANA 

BISAAAAAA…..!!!
#lombokkuat

#NTBBangkit